Postingan kali ini akan melanjutkan pembahasan mengenai web usability dari situs belanjabatik.com

1. Visibility of System Status

Menu utama pada situs ini terdapat di bagian kiri,  ketika melakukan mouseover maka menu yang dipilih akan berubah warna dan jika kita mengklik salah satu menu, maka menu yang dipilih akan ditandai dengan perubahan warna.

Begitu pula ketika kita melakukan mouseover  pada kategori produk dan memilih salah satu produk.

Misalkan pengguna memilih kategori produk untuk hem batik pada baju batik pria, maka akan ada pilihan kategori lain di atas navigasi. Pilihan kategori tersebut akan berubah saat dimouseover, hanya saja kurang menunjukkan bahwa itu merupakan link ke kategori lain.

Sistem cukup memberi tahu keberadaan pengguna, hanya saja situs ini tidak menyediakan bread crumb untuk semua aksi yang dilakukan pengguna sebagai navigasi jika ingin mengetahui posisi dan ingin berpindah ke halaman sebelumnya.

2. Match Between System and Real World

Secara umum bahasa yang digunakan pada web ini adalah bahasa Indonesia, namun terdapat beberapa bagian yang tidak konsisten dalam penggunaan bahasa namun cukup sering digunakan dalam keseharian. Misalkan kita pilih kategori baju batik pria sebagai berikut :

Situs ini juga menggunakan icon yang sering digunakan sebagai penanda aksi yang dapat dilakukan pengguna. Untuk pengguna yang telah login maka terdapat menu member yang berupa icon. Begitu juga terdapat pilihan berupa icon pada bagian detil produk seperti berikut:

3. User Control and Freedom

Jika pengguna memilih pilihan suatu detail produk dan ternyata salah, maka pengguna dapat keluar dari keadaan akibat pilihan yang salah tersebut dengan mengklik tombol Kembali.

Begitu pula jika pengguna ternyata salah melakukan pemesanan produk, maka transaksi dapat dibatalkan dan kembali ke halaman sebelumnya dengan mengklik tombol  Batal.