Nah, postingan berikut merupakan bagian terakhir dari kajian usability web belanjabatik.com yang melanjutkan poin-poin heuristic evaluation sebelumnya.

8. Aesthetic and minimalist design
Pada situs ini, pilihan kategori produk ditampilkan dalam bentuk list tanpa menggunakan menu popup, namun sudah dikelompokkan berdasarkan jenisnya

Pada dasarnya, informasi yang tersedia dalam web ini cukup relevan, ada juga informasi terkait berita dan artikel batik. Selain itu, terdapat pula link untuk informasi lebih lanjut ke situs jejaring sosial dan link ke jasa pengiriman produk.

9. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
Jika terjadi kesalahan yang dilakukan pengguna ketika login,  maka akan muncul pesan kesalahan bahwa field isian kosong dan harus dilengkapi. Begitu pula pesan kesalahan yang muncul ketika registrasi pengguna belum mengisikan alamat email maka akan muncul pesan berikut :

10. Help and documentation
Situs ini juga menyediakan bantuan yang berisi informasi tentang penggunaan sistem yang terdapat pada menu utama yaitu Cara Pemesanan, Pembayaran & Pengiriman. Misalkan pengguna memilih menu Cara Pembelian maka akan ditampilkan informasi detail mengenai cara pemesanan yang dapat dilakukan dan langkah – langkah untuk melakukan pilihan pemesanan tersebut.

Demikian kajian usability web belanjabatik.com berdasarkan Nielsen’s Heuristic Evaluation. Secara keseluruhan usability situs ini sudah cukup baik, mudah dipelajari, dan efisien. Hanya saja masih ada beberapa kekurangan yang harus diperbaiki. Semoga bermanfaat, terima kasih