Berikut ini adalah hasil review usability dari sebuah website yang pemerintah kabupaten Pekalongan dengan alamat http:/www.pekalongankab.go.id. Ini merupakan screenshoot web tersebut.

Sekilas interface website tampak cukup baik, namun setelah diamati ternyata di bagian header seperti ada bagian yang terpotong, benar saja ada bagian menu di header yang tidak terlihat jika tidak diarahkan dengan kursor.

Di website tersebut juga ada fitur menampilkan konten dalam bahasa Inggris (English version), namun apa yang terjadi? Ternyata ada bagian yang belum diterjemahkan.

Setelah diamati lagi, ada kolom jajak pendapat di bagian kiri, lalu jajak pendapat tentang apa? Tidak ada topik yang ditampilkan untuk jajak pendapat,


Di bagian kiri website juga ada kolom menu utama yang berisi beberapa bagian, namun tidak ada petunjuk bahwa ternyata ada beberapa bagian yang memiliki sub-bagian di sebelah kanannya, hal ini mungkin dapat pula mengurangi informasi yang tersampaikan kepada pengguna mengenai sub-bagian yang agak tersembunyi.

Secara keseluruhan lebar website ini juga terlihat sempit sehingga konten website agak terlalu panjang ke bawah. Demikian review singkat dari web tersebut. Terima kasih.